Senin, 09 September 2013

Cara mengecek status BI Checking

BI Checking merupakan poin penting bagi anda yang ingin mendapatkan pinjaman dari sebuah bank. Baik atau tidaknya anda dalam laporan tersebut akan menentukan apakah bank akan mengabulkan permohonan anda atau tidak. Nah, sebelum anda mengajukan pinjaman, ada baiknya anda mengecek status BI Checking anda terlebih dahulu. Bagaimana sich caranya?

Memeriksa status BI Checking
Contoh printout yang anda dapatkan saat mengecek status BI Checking anda

Ada tiga mekanisme yang bisa anda lakukan untuk

mengecek status BI Checking

, yaitu melalui lembaga keuangan, gerai info, atau melalui online. Jika anda menggunakan cara yang pertama, anda cukup datang ke bank dimana anda mengajukan permohonan pinjaman. Utarakan niat anda untuk mengecek informasi IDI historis anda. Tunggu hingga proses selesai, maka anda akan mendapatkan info tentang status anda.


Tips kedua dalam memeriksa status BI Checking anda adalah dengan mendatangi gerai info Bank Indonesia terdekat di kota anda. Temui bagian informasi, lalu sampaikan akalu anda hendak mengecek informasi tentang IDI historis anda. Sama seperti cara yang pertama, anda harus menunggu hingga proses pengecekan selesai sebelum mendapatkan hasilnya.

Cara yang lebih mudah untuk

memeriksa status BI Checking

adalah dengan melalui online. Anda cukup browsing ke website resmi BI. Setelah itu pilih menu untuk mengecek IDI historis anda. Akan muncul formulir, isilah dengan data anda dengan sebenar-benarnya. Anda tidak perlu menunggu karena jawaban dari BI akan dikirim via email. Jika data yang anda masukkan benar, maka anda akan diminta untuk datang ke gerai info terdekat pada hari dan jam tertentu sambil membawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Nah, itu tadi beberapa cara untuk mengecek status BI Checking anda. Dengan mengecek IDI historis anda, anda akan tahu apakah anda calon nasabah idaman bank, atau justru nasabah yang dihindari oleh bank. Namun yang perlu anda ingat, segala keputusan apakah bank akan memberi pinjaman atau tidak tergantung pada bank itu sendiri. BI Checking hanya sebagai laporan saja, namun jika bank percaya pada anda, meskipun rapor anda di BI Checking, bisa saja bank memberikan pinjaman, begitu juga sebaliknya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda!

0 komentar:

Poskan Komentar